'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PELATIHAN KONSELOR DASAR BAGI PEMBINA DAN PENGURUS LKSA ‘AISYIYAH BENGKULU
01 Juli 2022 15:44 WIB | dibaca 34

 

 

            Bertempat di Gedung Dakwah Aisyiyah Bengkulu , Majelis Kesejahteraan Sosial Pimpinan Wilayah ‘ Aisyiyah ( PWA ) Bengkulu selama dua hari pada tanggal 25 – 26 Juni 2022 mengadakan Pelatihan Konselor Dasar bagi Pembina dan Pengurus Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak ( LKSA ) Aisyiyah Bengkulu . Kegiatan yang diikuti 30 orang peserta dari 5 LKSA Aisyiyah se Wilayah Bengkulu dan Majelis   ini bekerjasama dengan HIMPSI ( Himpunan Psikologi Indonesia ) Wilayah Bengkulu . Para Psikolog dari HIMPSI menyampaikan materi tentang Ragam Kepribadian Individu dan Tekhnik Konseling.

            ‘Aisyiyah sebagai gerakan perempuan berkemajuan mempunyai tugas dakwah amal makruf nahi munkar di semua bidang . Di Bidang Sosial Majelis Kesehateraan  Sosial memiliki program unggulan yaitu perlindungan  terhadap anak dari korban kekerasan dan perlindungan terhadap hak – hak anak.  Program ini  telah dicanangkan dengan Gerakan ‘Aisyiyah Cinta Anak ( GACA ) . Majelis Kesehateraan Sosial PWA Bengkulu  memiliki Rumah Perlindungan Sosial Anak ( RPSA ) yang  hingga saat ini telah mendampingi 30 anak korban kekerasan baik itu yang dilanjutkan rehabilitasi di  LKSA maupun yang hanya sekedar konsultasi Psikologi. Guna melayani mereka ternyata diperlukan orang yang punya kompetensi untuk menggali permasalahan anak ( konseling ) . Untuk itu diperlukan pelatihan Konselor.

 Ketua Majelis Kesejahteraan Sosial PWA Bengkulu , Sumartina  menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk membekali para penggiat anak dan konselor agar tahu bagaimana cara menggali informasi terhadap korban kekerasan atau tekhnik konseling sehingga dapat memberi pelayanan yang tepat . Fera Febriana Ketua HIMPSI wilayah Bengkulu dalam sambutannya menyampaikan kerjasama  ini merupakan bentuk pengabdian HIMPSI kepada masyarakat .

Kegiatan yang dibuka oleh Susi Soraya selaku sekretaris PWA Bengkulu dalam sambutannya menyampaikan  ‘ Aisyiyah dalam dakwahnya  menaruh perhatian dan keberpihakan pada kelompok – kelompok dhuafa dan mustadhafin. Dengan semakin banyaknya kasus kekerasan terhadap anak maka PWA Bengkulu  berperan dan  berkontribusi nyata mendampingi para korban dan ini harus terus diperkuat bersama lintas  Majelis yang dalam pelatihan ini juga diikuti oleh Majelis Tabligh ,Majelis Kesehatan , Majelis Dikdasmen  Korps Mubalighot Aisyiyah dan juga Posbakum Aisyiyah .

 Pada sesi malam hari nya diisi dengan materi Penguatan Teologi Al Maun yang disampaikan  oleh Syaifullah selaku ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah  Bengkulu .  Keesokan harinya  kegiatan ini ditutup  dengan konsolidasi penguatan LKSA . ( SS )

Shared Post: